Titik Kemacetan Jalur Kelapa Gading Menuju Cibinong

Titik Kemacetan - Anda memiliki kediaman di cibinong? Selamat kalau begitu, Anda punya kediaman yang sama dengan Saya. Pada update perdana Saya ini maka saya berniat untuk mengutarakan pengalaman pribadi ketika melakukan aktifitas keseharian yakni melaju kuda besi menuju Kelapa gading. Nah, perjalanan yang memakan waktu kurang lebih dua jam ini tentu tidak mungkin tak bertemu kemacetan, inilah info yang akan Saya bagikan kepada Anda yakni titik kemacetan jalur kelapa gading  menuju cibinong atau sebaliknya. Mau tau?

Sebelumnya, tak pantas jika tak didahului dengan perjalanan berangkat, mengingat rumah yang baru saja disinggahi sekitar 3 tahun lalu maka berikut adalah area titik kemacetan menuju utara Jakarta yang mana tempat Saya mengais rejeki demi sesuap nasi dan segenggam berlian...

Ilustrasi Titik Kemacetan Jakarta

Perjalanan Cibinong Menuju Kelapa Gading

Perlu Anda ketahui untuk jalur yang Saya lewat dalam perjalanan berangat adalah Cibinong Alam Lestari (perumahan tempat saya tinggal) - Kota Kembang - Raden Saleh - Depok II Tengah - Juanda - Akses RTM Klapa dua - Komplek Militer Cijantung - PS Rebo - Cililitan - Bypass - Pemuda Rawamangun - Arion - Balap Sepeda - Kayuputih - Bulevar Klapa Gading Raya - Bulevar Barat , Kelapa Gading.

Titik kemacetan yang pertama untuk perjalanan berangkat dari cibinong menuju kelapa gading adalah; pertigaan Depok II Tengah, atau dikenal dengan pertigaan masjid menuju jalan baru Ir. Juanda. Hingga masuk menuju kases komplek militer di Cijantung, nyaris tak ada kemacetan yang berarti.

Udara yang dilewati daerah itu juga tak terlalu banyak polusi udara, segar dan banyak pepohonan, apalagi saat jelang fajar sekitar pukul 7 pagi. Cukup nyaman dibandingkan lewat jalan raya bogor, meski agak lebih cepat beberapa menit waktu tempuh perjalanan untuk tujuan yang sama namun kenyamanan lebih didapat ketika melaju melewati jalur Cijantung, hingga keluar di Mall Cijantung yang mengarah ke Pasar Rebo.

Kemacetan kedua adalah pertigaan Hek, setelah padar induk, disusul UKI hingga menuju flyover perempatan menuju jalan Pemuda Rawamangun. Nah, pada jalur ini Anda dianjurkan untuk lebih berhati-hati mengingat kendaraan yang beragam dan karakter pengemudi yang beragam pula. Lebih sabar akan lebih baik tentunya.

Kemacetan ketiga ada pada lampu merah balap sepeda, cukup lama disitu, dan setelah terlepas area tersebut maka kemacetan terakhir ada pada jalur menuju bulevar barat kelapa gading, tepatnya didepan mesjid al musyawaroh. Lampu merah didini juga cukup lama ditambah lagi kuota kendaraan pribadi yang cukup banyak sekali.

Akhirnya, sampailah ditujuan, siap-siap untuk melanjutkan bekerja dan menuntaskan pekerjaan yang tertunda atau belum rampung karena waktu yang tersita dalam perjalanan.

Perjalanan Jalur Kelapa Gading Menuju Cibinong

Nah, untuk mempersingakt waktu tempuh perjalanan maka jalur yang lalui adalah; Kelapa Gading - Rawamangun Arion via Balap Sepeda atau Kayuputih - Pemuda - Bypass - UKI - Cililitan - PS Rebo - Pal Sigunung - Simpang Depok - Raden Saleh - Kota Kembang - Cibinong Alam Lestari.

Titik kemacetan jalur kelapa gading menuju cibinong yang pertama adalah hambatan lampu merah yang memiliki waktu lama yakni jelang mall kelapa gading atau tepatnya perempatan masjid, lanjut pada lampu merah perintis kemerdekaan, belum sampai disitu, kemacetan masih panjang, yakni di kayuputih menuju balap sepeda, sepanjang jalan tersebut Anda akan menemui kemacetan yang cukup banyak.

Kemacetan kedua yang akan melelahkan adalah masuk menuju bypass, mulai dari perempatan pemuda rawamangun hingga UKI, Anda tak bisa menghindari kemacetan, jalur busway adalah satu-satunya jalan yang bisa Anda tempuh, tapi hati-hati dengan polisi yang ada di tiap lampu merah dan perempatan, untuk pukul 17:00 - 19:30 wib sepertinya aman, tetapi lewat dari itu, Saya tak bertanggung jawab. Pada jam tersebutpun Saya tak berani tanggung jawab karena polisi bisa saja mengintai setiap waktu, tetap berhati-hati.

Kemacetan ketiga Anda setelah perempatan PGC atau perempatan cililitan-halim, setelah itu Anda akan dihadang penjual ikan dan seafood murah di tepi jalan jelang pintu masuk RS POLRI Sukamto. Hingga lepas mall kramat jati tetap macet sebagai titik kemacetan keempat pada lampu merah Hek, lanjut pasar rebo sebagai titik kemacetan kelima.

Setelah itu, kemacetan keenam hadir pada lampu merah mall cijantung, ada alternatif pilihan, apakah Anda ingin melalui komplek militer seperti jalur berangkat asaya atau lanjut lurun di jalan raya bogor. Perbedaan waktu tempuh sekitar beberapa menit, namun jika ditempuh dengan kecepatan rata-rata 60-70km perjam maka hemat waktu perjalanan bisa mencapai sekitar 30 menit lebih.

Jika melalui komplek militer maka kemacetan akan terurai karena jalur tempuh adalah jalur alternatif, hingga depok dan cibinong, sedangkan jika Anda tetap pada jalur jalan raya bogor maka kemacetan masih tersisa 2 titik kemacetan jalur kelapa gading menuju cibinong yakni cibubur, kemudian pal sigunung. Setelah beberapa titik macet tersebut keadaan dan waktu tempuh relatif lancar hingga simpang depok.

Jika Anda akan melanjutkan lewat jalan raya bogor maka jalur kemacetan tak terlalu parah, begitu juga jika jalur tenpuh seperti Saya yang mampir terlebih dulu di rumah kakak ipar yakni pasar pucung, maka titik kemacetan tak terlalu parah dan nyaris tidak parah.

Demikian pengalaman pribadi Saya menempuh perjalanan yang Saya lalui untuk mencari sesuap nasi dan segenggam berlian, itulah kiranya titik kemacetan jalur kelapa gading menuju cibinong dan sebaliknya. Banyak jalan tentu untuk melanjutkan perjalanan, semoga selamat sampai tujuan dan semoga bermanfaat.

Komentar